PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GOOD BYE SCRABBLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS IVSDN 013 MUARA JALAI KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Rita Zahara, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GOOD BYE SCRABBLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS IVSDN 013 MUARA JALAI KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131306PGMI.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala dalam proses belajar mengajar yaitu lebih dari 50% siswa masih banyak yang bermain ketika proses pembelajaran sedang berlangsung, sekitar 60% siswa tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik dan benar, lebih dari 30% siswa meniru hasil pekerjaan teman dan sekitar 20% siswa tidak mengumpulkan tugas yang diberikan, hanya sebagian kecil siswa yang dapat bertanya dan menjawab pertanyaan tentang materi yang di ajarkan oleh guru, hal ini terlihat bahwa lebih dari 30,77% atau 8 siswa dari 26 orang siswa yang dapat melakukan hal tersebut. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil observasi sebelum penerapan strategi pembelajaran Good Bye Scrabble, aktivitas belajar siswa diperoleh 45.2%, angka ini berada pada interval 40% - 55% dengan kategori “Rendah”. Kemudian berdasarkan hasil observasi pada siklus pertama pertemuan pertama yang menunjukkan bahwa tingkat aktivitas belajar siswa mencapai dengan 57,7%, angka ini berada pada interval 56% - 75% dengan kategori “Tinggi”. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 66.3% pada kategori yang sama. Selanjutnya pada siklus II pertemuan pertama terjadi peningkatan mencapai aktivitas belajar siswa diperoleh 75.5% dan meningkat pada pertemuan kedua siklus II dengan persentase 86.1%, angka ini berada pada interval 76%-100% dengan kategori “Sangat Tinggi”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Good Bye Scrabble dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA siswa kelas IV SDN 013 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Kata kunci : Strategi Pembelajaran, Good Bye Scrabble, Aktivitas Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Nov 2016 10:18
Last Modified: 07 Nov 2016 10:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8895

Actions (login required)

View Item View Item