Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SDN 017 SOREK SATU KECAMATAN PANGKALAN KURAS KABUPATEN PELALAWAN

Marikem (2013) PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SDN 017 SOREK SATU KECAMATAN PANGKALAN KURAS KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131284PGMI.pdf

Download (523kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan matematika realistik Indonesia dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN 017 Sorek Satu Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan dengan rumusan masalah yaitu bagaimana pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I SDN 017 Sorek Satu Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjeknya siswa kelas I tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 24 orang, yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Sedangkan objeknya adalah pendekatan pembelajaran matematika realistik indonesia dalam menigkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN 017 Sorek Satu Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan setiap siklus dua kali pertemuan, yang dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, pendekatan matematika realistik indonesia pada proses pembelajaran matematika di kelas I SDN 017 Sorek Satu Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan membuat siswa belajar aktif dan berfikir matematis. Dari analisis data tentang keberhasilan tindakan diketahui bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan rata-rata 57,29 dengan ketuntasan klasikal 45,83%, setelah tindakan siklus I rata-rata 60,62 dengan ketuntasan klasikal 58,33%, dan siklus II rata-rata 65,21 dengan ketuntasan klasikal 87,50%. Terjadi peningkatan dari sebelum tindakan ke setelah tindakan baik siklus I maupun siklus II. Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia dalam Meningkatkan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Nov 2016 10:16
Last Modified: 07 Nov 2016 10:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8893

Actions (login required)

View Item View Item