Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN TEKNIK BLOOM’S TAXONOMY SUMMARY CUBES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Eli Irhami (2013) PENERAPAN TEKNIK BLOOM’S TAXONOMY SUMMARY CUBES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131277PGMI.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan Teknik Bloom’s Taxonomy Summary Cubes dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar? Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Teknik Bloom’s Taxonomy Summary Cubes dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas V. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Berhasilnya penerapan Teknik Bloom’s Taxonomy Summary Cubes pada mata pelajaran Akidah Akhlak, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan hanya mencapai 7 orang (43,75) siswa yang tuntas, sedangkan 9 orang siswa (56,25%) belum tuntas. Sedangkan setelah tindakan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 11 orang (68,75%) siswa yang tuntas. Sedangkan 5 orang siswa (31,25%) belum tuntas. Sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 93,75% atau sekitar 15 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Nov 2016 10:14
Last Modified: 07 Nov 2016 10:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8892

Actions (login required)

View Item View Item