PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GRAFIK SURAT KABAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN 024 TANAH MERAH KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

Rapiko, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GRAFIK SURAT KABAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN 024 TANAH MERAH KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131274PGMI.pdf

Download (456kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN 024 Tanah Merah Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar melalui penerapan Strategi Pembelajaran grafik surat kabar, dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan aktifitas belajar siswa diantaranya: Sebagian kecil siswa atau 5% dari jumlah siswa 36 orang dikelas kurang berpartisipasi aktif dalm pembelajaran, hal ini terlihat dari kurangnya siswa mengajukan pertanyaan atau pendapat pada gurunya, dan dari 36 siswa hanya 5 orang siswa yang memberikan ide ketika dibutuhkan. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa sebanyak 36 orang dalam menerapkan strategi pembelajaran grafik surat kabar. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran grafik surat kabar untuk meningkatkan aktivitas belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN 024 Tanah Merah Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini direncanakan akan dilakukan pada bulan Maret hingga selesai Juni tahun 2013. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Adapun setiap siklus dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Hal ini dimaksudkan agar siswa dan guru dapat beradaptasi dengan strategi pembelajaran yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis data pada bab IV di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran grafik surat kabar dapat ditingkatkan motivasi belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 024 Tanah Merah Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar pada pelajaran Bahasa Indonesia. sebelum dilakukan tindakan tergololong “kurang” dengan persentase 54% berada pada interval 41%-55%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I maka secara klasikan pada siklus I diperoleh rata-rata 68% berada pada interval 56%- 70% dengan kategori baik, sedangkan pada siklus II juga terjadi peningkatan yaitu klasikal diperoleh rata-rata 81% berada pada interval 71%-85% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran grafik surat kabar dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 024 Tanah Merah Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Nov 2016 10:12
Last Modified: 07 Nov 2016 10:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8891

Actions (login required)

View Item View Item