WINDY AYU SYAFITRI, - (2025) ANALISIS PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI PADA TOKO GARUDA GRUP ELEKTRONIK DAN MEBEL PEKANBARU PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (BAB GABUNGAN)
GABUNGAN KECUALI BAB HASIL - Windy Ayusyafitri01.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (BAB HASIL)
BAB HASIL - Windy Ayusyafitri01.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN - Windy Ayusyafitri01.pdf - Published Version Download (324kB) | Preview |
Abstract
Analisis Pemasaran Dalam Meningkatkan Efektifitas Dan Efisiensi Pada Toko Garuda Grup Elektronik Dan Mebel Pekanbaru Dalam Perspektif Ekonomi Islam Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya kegiatan pemasaran yang tidak hanya mampu meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar, tetapi juga dilakukan secara etis, dan sesuai dengan prinsip - prinsip syariah Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dan efisiensi strategi pemasaran yang diterapkan oleh Toko Garuda Group Elektronik dan Meubel Pekanbaru dalam perspektif ekonomi Islam.. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi langsung, dokumentasi, dan studi pustaka, yang dilakukan terhadap pimpinan dan karyawan dari tiga cabang yang berlokasi di Rimbo Panjang dan Garuda Sakti, Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dijalankan oleh G3 Elektronik dan Meubel telah terbukti efektif, ditandai dengan peningkatan jumlah pelanggan dan volume penjualan melalui pemanfaatan media sosial dan pemasaran digital. Efisiensi pemasaran tercapai melalui pengelolaan anggaran promosi yang hemat dan optimalisasi tenaga kerja yang ada. Selain itu, toko ini juga memberikan pelayanan personal dan purna jual yang baik, sehingga meningkatkan loyalitas pelanggan. Dari perspektif ekonomi Islam, strategi pemasaran yang dilakukan telah memenuhi nilai-nilai syariah, yaitu kejujuran, transparansi, keadilan, serta menghindari unsur gharar dan riba. Toko juga menunjukkan tanggung jawab sosial dengan memperlakukan konsumen secara adil dan proporsional, sejalan dengan maqasid al-shariah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemasaran yang diterapkan oleh Garuda Group Elektronik dan Meubel tidak hanya berhasil secara bisnis, tetapi juga mencerminkan integrasi antara praktik ekonomi modern dan prinsip-prinsip etika Islam. Hal ini menjadikan model pemasaran G3 sebagai contoh penerapan strategi yang efektif, efisien, dan bernilai syariah dalam dunia usaha kontemporer. Kata Kunci: Efektivitas, Efisiensi, Pemasaran, Ekonomi Islam.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah | ||||||||||||
| Depositing User: | Ayu - Apriliani | ||||||||||||
| Date Deposited: | 25 Jun 2025 07:52 | ||||||||||||
| Last Modified: | 25 Jun 2025 07:52 | ||||||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/88909 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
