Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI PADA TOKO GARUDA GRUP ELEKTRONIK DAN MEBEL PEKANBARU PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

WINDY AYU SYAFITRI, - (2025) ANALISIS PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI PADA TOKO GARUDA GRUP ELEKTRONIK DAN MEBEL PEKANBARU PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
GABUNGAN KECUALI BAB HASIL - Windy Ayusyafitri01.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
BAB HASIL - Windy Ayusyafitri01.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN - Windy Ayusyafitri01.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview

Abstract

Analisis Pemasaran Dalam Meningkatkan Efektifitas Dan Efisiensi Pada Toko Garuda Grup Elektronik Dan Mebel Pekanbaru Dalam Perspektif Ekonomi Islam Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya kegiatan pemasaran yang tidak hanya mampu meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar, tetapi juga dilakukan secara etis, dan sesuai dengan prinsip - prinsip syariah Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dan efisiensi strategi pemasaran yang diterapkan oleh Toko Garuda Group Elektronik dan Meubel Pekanbaru dalam perspektif ekonomi Islam.. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi langsung, dokumentasi, dan studi pustaka, yang dilakukan terhadap pimpinan dan karyawan dari tiga cabang yang berlokasi di Rimbo Panjang dan Garuda Sakti, Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dijalankan oleh G3 Elektronik dan Meubel telah terbukti efektif, ditandai dengan peningkatan jumlah pelanggan dan volume penjualan melalui pemanfaatan media sosial dan pemasaran digital. Efisiensi pemasaran tercapai melalui pengelolaan anggaran promosi yang hemat dan optimalisasi tenaga kerja yang ada. Selain itu, toko ini juga memberikan pelayanan personal dan purna jual yang baik, sehingga meningkatkan loyalitas pelanggan. Dari perspektif ekonomi Islam, strategi pemasaran yang dilakukan telah memenuhi nilai-nilai syariah, yaitu kejujuran, transparansi, keadilan, serta menghindari unsur gharar dan riba. Toko juga menunjukkan tanggung jawab sosial dengan memperlakukan konsumen secara adil dan proporsional, sejalan dengan maqasid al-shariah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemasaran yang diterapkan oleh Garuda Group Elektronik dan Meubel tidak hanya berhasil secara bisnis, tetapi juga mencerminkan integrasi antara praktik ekonomi modern dan prinsip-prinsip etika Islam. Hal ini menjadikan model pemasaran G3 sebagai contoh penerapan strategi yang efektif, efisien, dan bernilai syariah dalam dunia usaha kontemporer. Kata Kunci: Efektivitas, Efisiensi, Pemasaran, Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAFDHOL RINALDI, -2004067902afdhal.rinaldi@gmail.com
Thesis advisorAFRIZAL AHMAD, -2020057403afrizalahmad74@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ayu - Apriliani
Date Deposited: 25 Jun 2025 07:52
Last Modified: 25 Jun 2025 07:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/88909

Actions (login required)

View Item View Item