PENERAPAN STRATEGI SIKLUS BELAJAR DESKRIPTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 023 PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Eli Suriani, (2013) PENERAPAN STRATEGI SIKLUS BELAJAR DESKRIPTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 023 PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131258PGMI.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains melalui Penerapan Strategi Siklus Belajar Deskriptif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan strategi siklus belajar deskriptif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 023 Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap tiap siklus yaitu perencanaan/ persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Penelitian ini dilakukan sebayak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 023 Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar yang berjumlah 22 orang, dan objek dalam penlitian ini adalah penerapan strategi siklus belajar deskriptif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dengan cara mencari rata-rata dan persentase yang dikelompokkan sesuai dengan kategorinya. Hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa, sebelum tindakan ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 45.45% atau 10 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 14 orang atau ketuntasan mencapai 63.64%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 19 orang siswa atau dengan persentase 86.36%. Berdasarkan hal tersebut maka disimpulkan bahwa penerapan strategi siklus belajar deskriptif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains di kelas IV sekolah dasar negeri 023 Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Nov 2016 10:11
Last Modified: 07 Nov 2016 10:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8890

Actions (login required)

View Item View Item