PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN KOLABORATIF NOTETAKING PAIRS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 018 PONGKAI ISTIQOMAH KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Azmi Yati, (2013) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN KOLABORATIF NOTETAKING PAIRS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 018 PONGKAI ISTIQOMAH KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131257PGMI.pdf

Download (434kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 018 Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan teknik pembelajaran kolaboratif note-taking pairs dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 018 Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang yang terbagi atas 13 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan teknik pembelajaran kolaboratif note-taking pairs untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan mencari rata-rata persentase dan mengelompokkan data berdasarkan kategorinya. Hasil penelitian diperoleh sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 45,45% atau 10 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 15 orang atau ketuntasan mencapai 68,18%, dan pada siklus II ketuntasan siswa mencapai 18 orang siswa atau dengan persentase 81,82%. Aktivitas guru pada siklus I tergolong “Cukup Baik”, dengan persentase 64,29% dan siklus II meningkat menjadi 87,50% tergolong “Baik”. Aktivitas siswa pada siklus I adalah 66,23% atau tergolong “Cukup Tinggi”, dan siklus II persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 85,71% atau tergolong “Tinggi”. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan teknik pembelajaran kolaboratif note-taking pairs dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 018 Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Nov 2016 10:09
Last Modified: 07 Nov 2016 10:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8889

Actions (login required)

View Item View Item