PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE KOMUNITAS PEMBELAJARAN KELAS 2-4-8 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 019 MUARA UWAI KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

Mifta Khairi, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE KOMUNITAS PEMBELAJARAN KELAS 2-4-8 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 019 MUARA UWAI KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131256PGMI.pdf

Download (500kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas V Sekolah Dasar Negeri 019 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe komunitas pembelajaran kelas 2-4-8 dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 019 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe komunitas pembelajaran kelas 2-4-8 untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas V. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan mencari rata-rata persentase dan mengelompokkan data berdasarkan kategorinya . Hasil penelitian diperoleh sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 45,00% atau 9 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 13 orang atau ketuntasan mencapai 65,00%, dan pada siklus II ketuntasan siswa mencapai 17 orang siswa atau dengan persentase 85,00%. Aktivitas guru pada siklus I tergolong “Cukup Baik”, dengan persentase 65,63% berada pada rentang 56– 75%, dan siklus II meningkat menjadi 85,94% tergolong “Baik” berada pada rentang 76%–100%. Aktivitas siswa pada siklus I adalah 66,88% atau tergolong “Cukup Baik”, karena 66,88% berada pada rentang 56%–75% dan siklus II persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 85,00% atau tergolong “Baik”, karena 85,00% berada pada rentang 76%–100%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe komunitas pembelajaran kelas 2-4-8 dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 019 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Nov 2016 10:08
Last Modified: 07 Nov 2016 10:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8888

Actions (login required)

View Item View Item