PENERAPAN METODE BILLBOARD RANKING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI PERJUANGAN PARA TOKOH DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 008 SALO KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

Tamrin, (2013) PENERAPAN METODE BILLBOARD RANKING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI PERJUANGAN PARA TOKOH DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 008 SALO KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131254PGMI.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar melelui metode Billboard Ranking, yang dilatar belakangi rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas v semester II (dua) dengan nilai rata-rata yaitu 61.82 (enam satu koma delapan dua). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah metode Billboard Ranking untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Salo. Hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan rata-rata sebesar 61.82 dengan kategori cukup, kemudian pada siklus I mendapatkan rata-rata 66.36 juga dengan kategori cukup. Pada siklus II mendapatkan rata-rata kelas 76.27 dengan kategori baik dengan ketuntasan mencapai 82% atau sebanyak 18 orang siswa yang mendapat nilai KKM. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 67% dengan kategori cukup, pada pertemuan 2 sebesar 83% dengan kategori “baik sekali” dan siklus II pertemuan 1 sebesar 92% dengan kategori sedang dan pertemuan 2 sebesar 100% dengan kategori “baik sekali” berdasarkan hasil tersebut terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 50% dengan kategori cukup, pada pertemuan 2 sebesar 60% dengan kategori “cukup” siklus II pertemuan 1 sebesar 71% dengan kategori “baik” dan pada pertemuan 2 sebesar 86 dengan kategori baik sekali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Nov 2016 10:07
Last Modified: 07 Nov 2016 10:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8887

Actions (login required)

View Item View Item