MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI QUICK ON THE DRAW PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 007 KAMPUNG BARU KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Lastri Surmayani, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI QUICK ON THE DRAW PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 007 KAMPUNG BARU KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131250PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang masih belum mengalami peningkatan seperti yang diharapkan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 007 Kampung Baru tahun ajaran 2012/2013 melaui model pembelajaran dengan strategi Quick on the Draw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester genap 2013. Tahapan yang dilalui dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi dengan menggunakan strategi Quick on the Draw yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah Guru dan siswa kelas IV SDN 007 Kampung Baru Kabupaten Kuantan Singingi yang berjumlah 18 orang yang terdiri dari 13 siswa dan 5 siswi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus 1 sampai dengan siklus 2 melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas yaitu peningkatan hasil belajar siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (44,44%), siklus I sebanyak 11 orang (61,11%), dan mencapai 16 siswa (88,89%) pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran dengan strategi Quick On The Draw dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Kata kunci : Hasil Belajar, Strategi Quick on the Draw, dan IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Nov 2016 10:05
Last Modified: 07 Nov 2016 10:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8886

Actions (login required)

View Item View Item