Rida Wahyuni (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 004 TOAR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_20131249PGMI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 004 Toar Kabupaten Kuantan Singingi tahun ajaran 2012/2013 melalui penerapan strategi pembelajaran aktif Instant Assessment. Penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi dengan menggunakan strategi pembelajaran Aktif Instant Assessment yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa SDN 004 Toar yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 8 rang siswa dan 12 orang siswi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus 1 sampai dengan siklus 2 melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II, berturut-turut 45%, 60% dan 85%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif Instant Assessment dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Kata kunci: Pembelajaran Aktif Instant Assessment, Hasil Belajar, IPA.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 07 Nov 2016 10:04 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 10:04 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8885 |
Actions (login required)
View Item |