PENERAPAN STRATEGI MENINJAU KEMBALI KESULITAN MATERI PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 010 SIABU KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

Murniati, (2013) PENERAPAN STRATEGI MENINJAU KEMBALI KESULITAN MATERI PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 010 SIABU KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131236PGMI.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi meninjau kembali kesulitan materi pelajaran matematika dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 010 Siabu Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan strategi meninjau kembali kesulitan materi pelajaran matematika yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 010 Siabu Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjeknya siswa kelas IV tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 30 orang. Sedangkan objeknya adalah penerapan strategi meninjau kembali kesulitan materi pelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 010 Siabu Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei- Juni 2013 dan dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian,peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas,yaitu : 1) Perencanaan/ Persiapan Tindakan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, Penerapan strategi meninjau kembali kesulitan materi pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 010 Siabu Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Dari analisis data tentang keberhasilan tindakan diketahui bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan rata-rata 58,83 dengan ketuntasan klasikal 56,67%, setelah tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 67,33 dengan ketuntasan klasikal 66,67%, dan siklus II rata-rata 74,5 dengan ketuntasan klasikal 86,67%. Dengan demikian dapat peneliti simpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari sebelum tindakan ke setelah tindakan baik siklus I maupun siklus II. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Meninjau Kembali Kesulitan Materi Pelajaran, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Nov 2016 10:02
Last Modified: 07 Nov 2016 10:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8884

Actions (login required)

View Item View Item