PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRANS SECTOR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI KOPERASI DALAM PEREKONOMIAN INDONESIA SISWA KELAS IV MI DARUSSALAM KUALUNENAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Putriya Ariani, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRANS SECTOR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI KOPERASI DALAM PEREKONOMIAN INDONESIA SISWA KELAS IV MI DARUSSALAM KUALUNENAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131232PGMI.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar IPS pada materi koperasi dalam perekonomian Indonesia siswa kelas IV MI Darussalam Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar melalui strategi pembelajaran trans Sector. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini yaitu: Apakah penerapan strategi pembelajaran trans Sector dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS pada materi koperasi dalam perekonomian Indonesia siswa Kelas IV MI Darussalam Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas IV MI Darussalam Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang, dan objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran Trans Sector untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa Kelas IV MI Darussalam Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Trans Sector dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS pada pokok bahasan koperasi siswa kelas IV MI Darussalam Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten KamparBerhasilnya penerapan strategi pembelajaran Trans Sector pada mata pelajaran IPS diketahui bahwa adanya peningkatan aktivitas siswa sebelum tindakan 49% dengan kategori “kurang”, siklus I sebesar 68% dengan kategori “Sedang” dan siklus II sebesar 82% dengan kategori “baik”. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui bahwa telah terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari sebelum tindakan 49% ke siklus pertama 68% sebesar 19%, dan dari siklus pertama 68% ke siklus kedua 82% sebesar 14%. Keberhasilan ini disebabkan dengan penerapan strategi pembelajaran Trans Sector aktivitas belajar siswa menjadi aktif yang berarti siswa cenderung positif dalam mengikuti proses pembelajaran yang diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Nov 2016 09:59
Last Modified: 07 Nov 2016 09:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8882

Actions (login required)

View Item View Item