MARTONO, - (2025) SISTEM PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN (STUDI KOMPARASI PONDOK PESANTREN PERKAMPUNGAN MINANGKABAU KOTA PADANG DAN NURUL YAQIN RINGAN-RINGAN PADANG PARIAMAN SUMATERA BARAT). Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (BAB GABUNGAN)
DISERTASI MARTONO - Martono STAIPIQ.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
|
Text (BAB HASIL)
BAB IV - Martono STAIPIQ.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
pernyataan upload - Martono STAIPIQ.pdf - Published Version Download (620kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Martono (2025): “Sistem Pembelajaran di Pondok Pesantren (Studi Komparasi Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau Kota Padang dan Nurul Yaqin Ringan-Ringan Padang Pariaman Sumatera Barat). Tujuan penelitian pada disertasi ini adalah: 1) Bagaimana sistem pembelajaran di pondok pesantren Perkampungan Minangkabau Kota Padang dan pondok pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Padang Pariaman Sumatera Barat? 2) Apakah persamaan dan perbedaan sistem pembelajaran di pondok pesantren Perkampungan Minangkabau Kota Padang dan pondok pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Padang Pariaman Sumatera Barat? 3) Apakah keunggulan dan kelemahan dari sistem pembelajaran di pondok pesantren Perkampungan Minangkabau Kota Padang dan pondok pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Padang Pariaman Sumatera Barat? Penelitian ini adalah penelitian Kualitafit Komparatif Teknik Pengumpulan dan analisis Data, Observasi, Wawancara. Adapun hasil penelitian ini adalah: Pelaksanaan sistem di pondok pesantren Perkampungan Minangkabau Kota Padang dan pondok pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Padang Pariaman Sumatera Barat. Dari hasilpenelitian diketahui bahwa Pelaksanaan sistem pembelajaran di Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau Kota Padang Sumatera Barat sudah menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Metode pembelajaran menggunakan metode campuran, juga sudah menggunakan media pembelajaran modern dan Evaluasi pembelajaran di Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau dilaksanakan melalui ujian mid semester dan mid semester. Pelaksanaan sistem pembelajaran di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), metode pembelajaran campuran serta masih menggunakan media konvensional serta evaluasi pembelajaran dilakukan melalui mid semester dan ujian semester. Persamaan dan perbedaan sistem pembelajaran adalah sama-sama merupakan pondok pesantren Salafiyah. Perbedaan Pondok pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan dibandingkan dengan Ponpes Perkampungan Minangkabau yaitu santri kelas VII Pondok pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan mendapatkan 2 ijazah yaitu Ijazah Alihyah dan Ijazah pondok berupa pengukuhan gelar Tuanku/Ustadzah pada santri kelas VII. Sementara itu santri di Ponpes Perkampungan Minangkabau hanya mendapatkan 1 ijazah saja. Keunggulan Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau antara lain adalah melakukan internalisasi nilai adat Minang dalam kurikulum pendidikan. Kelemahan Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau adalah fasilitas prasarana yang kurang memadai. Keunggulan Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan yaitu memiliki program unggulan 1 tahun pengambilan gelar Tuanku dan Ustazah. Adapun kelemahan Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Padang Pariaman Sumatera Barat antara lain adalah : terbatasnya fasilitas asrama dan ruang kelas Kata kunci : Sistem Pembelajaran Pondok Pesantren (Studi Komparasi)
| Item Type: | Thesis (Disertasi) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
| Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
| Depositing User: | Mr Eko Syahputra | ||||||||||||
| Date Deposited: | 24 Jun 2025 03:27 | ||||||||||||
| Last Modified: | 24 Jun 2025 03:27 | ||||||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/88819 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
