M. PIKI HAIKAL, - (2025) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH TERANTANG KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (BAB GABUNGAN)
SKRIPSI M. PIKI HAIKAL - Piki Haikal.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
|
Text (BAB HASIL)
BAB IV - Piki Haikal.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (645kB) |
||
|
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
pernyataan upload - Piki Haikal.pdf - Published Version Download (570kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK M. Piki Haikal, (2024): Implementasi Manajemen Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Swasta Terantang Kampar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi manajemen madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan dan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAS Terantang Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, pegawai tata usaha, dan komite sekolah di Sekolah Madrasah Aliyah Swasta Terantang Kampar. Teknik pengumpulan data yan digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi, data display, dan conclusion atau verification. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diperoleh bahwa implementasi manajemen berbasis madrasah dapat dilihat dari segi aspek input, proses dan outputnya. Aspek inputnya yaitu diawali dengan menetapkan suatu kebijakan yang dikoordinasikan kepada setiap guru, kemudian menekankan penerimaan SDM yang memproritaskan kepada nilai-nilai Islam, sementara dari segi proses dilakukan dengan memberikan kebebasan kepada setiap pendidik untuk memberikan pembelajaran dengan tetap mengacu kepada visi, misi dan tujuan madrasah, dari segi output ditemukan prestasi siswa masih dibawah harapan orang tua. Faktor yang mendukungnya yaitu; kepemimpinan yang baik, dukungan pihak luar yang turut membantu sarana dan prasaran sekolah, partisipasi masyarakat dan keaktifan madrasah dalam melakukan kegiatan ekstrakurikuler. Faktor penghambatnya adalah ketersediaan ruangan belajar yang belum memadai, dukungan orang tua yang belum berimbang dengan hasil yang diharapkan dan adanya tenaga pendidik yang mengajar tidak sesuai dengan keahliannya. Kata Kunci: Implementasi Manajemen, Mutu Pendidikan, Madrasah
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
| Depositing User: | Ms. Hidayani | ||||||||
| Date Deposited: | 24 Jun 2025 02:03 | ||||||||
| Last Modified: | 30 Jun 2025 02:10 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/88799 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
