PENERAPAN METODE INTEGRATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 005 ALAM PANJANG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

Sumi Yamsi, (2013) PENERAPAN METODE INTEGRATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 005 ALAM PANJANG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131229PGMI.pdf

Download (681kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 005 Alam Panjang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini ditunjukan dengan gejala-gejala sebagai berikut: masih rendahnya nilai yang diperoleh siswa ketika diberikan tes yang berkaitan dengan pemahaman bacaan, siswa kurang mampu menjawab pertanyaan dari bacaan yang telah di bacanya, siswa kurang mampu menjelaskan kembali isi bacaan yang dibacanya, dan siswa tidak ada yang bertanya kepada guru tentang isi teks bacaan yang kurang dipahaminya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode integratif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada mata pelajarana Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 005 Alam Panjang Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: apakah penerapan metode integratif dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 005 Alam Panjang Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia?. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 005 Alam Panjang Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode integratif untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan Tindakan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa dengan penerapan metode integratif dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan diketahui rata-rata 7 orang siswa yang tuntas atau ketuntasan klasikal hanya mencapai 43,75%, pada siklus I ratarata siswa yang tuntas meningkat menjadi 9,5 atau dengan ketuntasan klasikal 59,38%, sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa meningkat dengan rata-rata 13 orang siswa atau ketuntasan klasikal mencapai 81,25%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan metode integratif dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Alam Panjang Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Nov 2016 09:53
Last Modified: 07 Nov 2016 09:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8879

Actions (login required)

View Item View Item