Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Algoritma FP-Growth dan K-Means Clustering dalam Analisis Pola Asosiasi Berdasarkan Segmentasi Pelanggan

Aldiansyah Pramudia Hasibuan, - (2025) Penerapan Algoritma FP-Growth dan K-Means Clustering dalam Analisis Pola Asosiasi Berdasarkan Segmentasi Pelanggan. Journal of Information System Research (JOSH), 6 (3). pp. 1675-1685. ISSN ISSN 2686-228X (media online)

[img]
Preview
Text (JURNAL ARTIKEL)
Jurnal Aldiansyah Pramudia HSB_11950115003 - ALDIANSYAH PRAMUDIA HASIBUAN.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN - ALDIANSYAH PRAMUDIA HASIBUAN.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview

Abstract

Industri farmasi mengalami pertumbuhan pesat yang mendorong perusahaan untuk memanfaatkan data penjualan secara efektif guna meningkatkan strategi pemasaran berbasis data. Namun, pemanfaatan data penjualan masih menjadi tantangan bagi perusahaan XYZ, distributor farmasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola pembelian pelanggan melalui penerapan algoritma FP-Growth dalam analisis asosiasi, yang dikombinasikan dengan segmentasi pelanggan menggunakan algoritma K-Means berbasis analisis RFM (Recency, Frequency, Monetary). Proses segmentasi menghasilkan empat clusterpelanggan, yaitu pelanggan aktif dan loyal (Cluster1), pelanggan pasif (Cluster2), pelanggan kurang aktif (Cluster3), dan pelanggan baru (Cluster4). Analisis FP-Growth pada setiap clustermenunjukkan bahwa Cluster1 memiliki 10 aturan asosiasi signifikan dengan minimum support0,01 dan confidence0,7, sementaraCluster2, 3, dan 4 masing-masing menghasilkan 2, 3, dan 4 aturan asosiasi dengan parameter yang disesuaikan. Seluruh aturan memiliki nilai lift> 1, menandakan hubungan antar produk yang positif.Hasil penelitian ini memberikan wawasan strategis bagi perusahaan dalam merancang pendekatan pemasaran berbasis data, seperti penawaran produk yang lebih tepat sasaran untuk pelanggan loyal atau strategi retensi bagi pelanggan pasif, sehingga dapat mengoptimalkan penjualan dan meningkatkan profitabilitas di setiap segmen pelanggan.Kata Kunci: Analisis Asosiasi;AnalisisRFM; FP-Growth; K-Means;Segmentasi Pelanggan;Strategi Pemasaran

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFITRI INSANI, -2003068701fitri.insani@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Ayu - Apriliani
Date Deposited: 23 Jun 2025 08:19
Last Modified: 23 Jun 2025 08:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/88782

Actions (login required)

View Item View Item