PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN MELALUI METODE TIRU MODEL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 002 PASAR GUNUNG KECAMATAN GUNUNG TOAR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Yofita Sally, (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN MELALUI METODE TIRU MODEL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 002 PASAR GUNUNG KECAMATAN GUNUNG TOAR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131228PGMI.pdf

Download (620kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan siswa kelas IV SDN 002 Pasar Gunung pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dilihat dari gejala-gejala sebagai berikut: siswa kurang mampu mengembangkan ide dalam mengarang, dalam penggunaan bahasa Indonesia, struktur bahasa, tanda baca dan kosa kata yang baik dan benar, siswa masih belum mampu menerapkannya dalam mengarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa melalui metode tiru model di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Pasar Gunung Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah pembelajaran dengan metode tiru model dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa kelas IV SD Negeri 002 Pasar Gunung Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi?. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 002 Pasar Gunung tahun ajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang yang terdiri dari 7 perempuan dan 13 laki-laki. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Melalui Metode Tiru Model pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 002 Pasar Gunung kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu:Perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi.Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa penggunaan metode tiru model dapat meningkatkan kemampuan mengarang siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Sebelum tindakan, dari 20 orang siswa hanya 9 orang yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 45%, pada siklus I rata-rata siswa yang tuntas meningkat menjadi 11 orang dengan ketuntasan klasikal 55%. Pada siklus II ketuntasan siswa meningkat dengan rata-rata 15,5 dengan ketuntasan klasikal 77,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode tiru model dapat meningkatkan kemampuan mengarang siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 002 Pasar Gunung Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Nov 2016 09:51
Last Modified: 07 Nov 2016 09:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8878

Actions (login required)

View Item View Item