Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TABEL PENCARI ORANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 012 SIBIRUANG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU

Erma Safitri (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TABEL PENCARI ORANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 012 SIBIRUANG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131220PGMI.pdf

Download (627kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran tabel pencari orang pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri SDN 012 Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu, berdasarkan studi pendahuluan yang peneliti lakukan di temui beberapa fenomena yang berkaitan dengan hasil belajar siswa diantaranya: Hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran Matematika masih tergolong rendah. Dari 24 siswa hanya 13 orang siswa atau 54% yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yakni 65. Masih terdapat 46% siswa atau 11 orang masih berada nilainya di bawah nilai KKM. Jika diberi tugas hanya 50% yang mau mengerjakannya dengan baik. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan strategi pembelajaran Tabel Pencari Orang dalam Meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 012 Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu? Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri SDN 012 Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran tabel pencari orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Pelaksanaan penelitian terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan sebesar 46%, sedangkan rata-rata kelas adalah 54.9 berada pada interval 41-54 dengan kategori kurang. Kemudian dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I ternyata hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan tingkat ketuntasan sebesar 70%, dan rata-rata kelas 68 berada pada interval 56-71 dengan kategori cukup. Sedangkan pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan ketuntasan 100% dan rata-rata kelas 76 berada pada interval 71-85 dengan kategori baik. Kata Kunci: Strategi pembelajaran tabel pencari orang, hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Nov 2016 09:50
Last Modified: 07 Nov 2016 09:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8877

Actions (login required)

View Item View Item