PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA HARTA KARUNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKASISWA KELAS IV SDN 003 TANJUNGXIII KOTO KAMPAR

Samsimar, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA HARTA KARUNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKASISWA KELAS IV SDN 003 TANJUNGXIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131198PGMI.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan selama ini, penulis menemukan gejala-gejala rendahnya hasil belajar siswa di dalam belajar khususnya pada siswa kelas IV adalah Dari nilai ketuntasan yang ditetapkan sekolah yaitu 70, maka pada kelas IV dari jumlah siswa sebanyak 21 orang, terdapat 11 orang siswa saja yang mendapatkan nilai hasil belajar di atas KKM atau sebesar 52%. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: Mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran peta harta karun dalam upaya meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN 003 Tanjung XIII Koto Kampar. Dapat dirumuskan masalah yang akan diteliti adalah: Bagaimana penerapan strategi pembelajaran peta harta karun dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 003 Tanjung XIII Koto Kampar? Subjek dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Pembelajaran Peta Harta Karun untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas IV SDN 003 Tanjung XIII Koto Kampar. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan bulan April sampai dengan Juni 2013. Mata pelajaran yang diteliti adalah Matematika. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan.Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 003 Tanjung XIII Koto Kampar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Strategi Pembelajaran Peta Harta Karun dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SDN 003 Tanjung XIII Koto Kampar. Hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan persentase sebesar 52% dengan kategori sangat kurang, kemudian pada siklus I mendapatkan persentase 71% dengan kategori cukup dan pada siklus II mendapatkan persentase 86% dengan ketegori baik. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Peta Harta Karun danHasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Nov 2016 09:48
Last Modified: 07 Nov 2016 09:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8876

Actions (login required)

View Item View Item