Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH FAKTOR PUSH PULLMOORINGTERHADAP SWITCHING BEHAVIOR NASABAH BANK KONVENSIONAL KE BANK SYARIAH DENGAN SWITCHING INTENTION SEBAGAI VARIABELINTERVENING(STUDI PADA NASABAH BSIKOTAPEKANBARU)

ATIKAH NURUL ICHSAN, - (2025) PENGARUH FAKTOR PUSH PULLMOORINGTERHADAP SWITCHING BEHAVIOR NASABAH BANK KONVENSIONAL KE BANK SYARIAH DENGAN SWITCHING INTENTION SEBAGAI VARIABELINTERVENING(STUDI PADA NASABAH BSIKOTAPEKANBARU). Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
TESIS LENGKAP KECUALI BAB HASIL - atikah nurulichsan.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
BAB HASIL (IV) - atikah nurulichsan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
Surat Pernyataan Persetujuan Publikasi - atikah nurulichsan.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku perpindahan nasabah muslim dari bank konvensional ke Bank Syariah Indonesia (BSI) Kota Pekanbaru. Analisis dilakukan mengingat potensi market share perbankan syariah di Indonesia yang besar karena mayoritas penduduk beragama Islam. Namun realitanya saat ini pangsa pasar perbankan masih di dominasi oleh bank konvensional. Penelitian ini mengkaji pengaruh Customer Satisfaction, Alternative Attractiveness, Subjective Norm, dan Religious Attitude terhadap Switching Behavior dengan Switching Intention sebagai variabel intervening. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis SEM-PLS dan menggunakan aplikasi olah data SmartPLS 4. Sampel ditentukan secara purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 nasabah BSI Kota Pekanbaru. Hasil analisis pengaruh langsung menunjukkan bahwa Customer Satisfaction dan Subjective Norm tidak berpengaruh signifikan terhadap Switching Intention. Alternative Attractiveness dan Religious Attitude berpengaruh signifikan terhadap Switching Intention. Switching Intention berpengaruh signifikan terhadap Switching Behavior. Pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa Customer Satisfaction dan Subjective Norm tidak berpengaruh signifikan terhadap Switching Behavior melalui Switching Intention, sedangkan Alternative Attractiveness dan Religious Attitude berpengaruh signifikan terhadap Switching Behavior melalui Switching Intention. Temuan ini diharapkan menjadi dasar bagi perbankan syariah, khususnya BSI Kota Pekanbaru dalam mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong perilaku nasabah beralih dari bank konvensional, sehingga dapat merumuskan strategi yang efektif untuk meningkatkan pangsa pasarnya serta memperkuat posisinya di industri perbankan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMAHYARNI, -2026087001mahyarni@uin-suska.ac.id
Thesis advisorJULINA, -2022077301julina@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Eko Syahputra
Date Deposited: 23 Jun 2025 01:16
Last Modified: 23 Jun 2025 01:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/88745

Actions (login required)

View Item View Item