MAULIA YUNITA, - (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MIM PEBAUN HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (BAB GABUNGAN)
SKRIPSI MAULIA YUNITA - Maulia Yunita.pdf - Published Version Download (8MB) | Preview |
|
|
Text (BAB HASIL)
BAB IV - Maulia Yunita.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (621kB) |
||
|
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
pernyataan upload maula - Maulia Yunita.pdf - Published Version Download (324kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Maulia Yunita, (2025) : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Matematika Di MIM Pebaun Hilir Proses pembelajaran memiliki peranan sangat penting dalam pembentukan mental dan pengetahuan peserta didik. Seringkali dalam proses belajar terjadi permasalahan dimana peserta didik mengalami kejenuhan, hal ini bisa dirasakan oleh semua peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap motivasi belajar siswa kelas di Pebaun Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan Quasi Eksperimen Design. Bentuk Quasi Eksperimen Design yang digunakan adalah Kontrol Group Pretest-posttest design, yang melibatkan kelompok kontrol dan eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di MIM 1 Pebaun Hilir, data penelitian dikumpulkan melalui metode observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan aplikasi pengolahan data SPSS setelah sebelumnya dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Make A Match bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik jika dibandingkan dengan metode ceramah yang selama ini diterapkan. Berdasarkan hasil posttest yang dilakukan maka menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki nilai yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil pengujian menentukan hipotesis memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,050, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model make a match berpengaruh positif/signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pembelajaran matematika di MIM Pebaun Hilir. Kata kunci: Model Pembelajaran, Make A Match, Motivasi Belajar
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | Ms. Ernawati | ||||||||
| Date Deposited: | 20 Jun 2025 08:58 | ||||||||
| Last Modified: | 20 Jun 2025 08:58 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/88743 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
