Surmaryani (2013) PENERAPAN TEKNIK STOP, PAUSE, START UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 179 PEKANBARU. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_20131191PGMI.pdf Download (435kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 179 Pekanbaru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 179 Pekanbaru melalui Teknik Stop, Pause, Start. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 26. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Teknik Stop, Pause, Start untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Penerapan Teknik Stop, Pause, Start dikatakan berhasil apabila hasil belajar siswa 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Setelah dilaksanakan penelitian diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 60,00% atau 12 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 14 orang atau ketuntasan hanya mencapai 70,00%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 19 orang siswa atau dengan persentase 95,00%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas IV SDN 179 Pekanbaru dapat ditingkatkan dengan penerapan Teknik Stop, Pause, Start.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 07 Nov 2016 09:43 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 09:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8874 |
Actions (login required)
View Item |