PENGGUNAAN MEDIA TAPE RECORDER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 014 GANTING DAMAI KABUPATEN KAMPAR

Arpan Devit, (2013) PENGGUNAAN MEDIA TAPE RECORDER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 014 GANTING DAMAI KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131185PGMI.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan media tape recorder pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 014 Ganting Damai Kabupaten Kampar, dalam pembelajaran IPA terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan hasil belajar siswa diantaranya: Nilai yang diperoleh murid tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan sekolah yaitu 65, hal ini terlihat hanya 6 orang siswa yang mendapatkan ketuntasan dari 30 orang siswa, dan siswa tidak mampu menjawab umpan balik yang diberikan guru. Dari 5 pertanyaan yang mampu menjawab hanya 22% (7 orang siswa). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian lebih terarah sesuai dengan perencanaan, maka penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, kemudian pelaksanaan tindakan, serta observasi dan refleksi tindakan. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 014 Ganting Damai Kabupaten Kampar. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah penggunaan media perekam dengan tape recorder untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang positif terhadap hasil belajar siswa, sebelum dilakukan tindakan diperoleh nilai rata-rata kelas 55 berada pada interval 50-59 dengan kategori kurang. Sedangkan setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I, hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan rata-rata 68 berada pada interval 60-69 dengan kategori cukup. Sedangkan tindakan pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 76 berada pada interval 70-79 dengan kategori baik. Berdasarkan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas V SDN 014 Ganting Damai Kabupaten Kampar dapat meningkat dengan menggunakan media tape recorder

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Nov 2016 09:42
Last Modified: 07 Nov 2016 09:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8873

Actions (login required)

View Item View Item