PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ADVISORY GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAHAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 010 LANGGINI KECAMATAN BANGKINANG

Syamsidar, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ADVISORY GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAHAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 010 LANGGINI KECAMATAN BANGKINANG. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131171PGMI.pdf

Download (511kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mengikuti pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala dalam proses belajar mengajar yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, sehingga nilai yang diperoleh siswa dibawah KKM yang sudah ditetapkan sekolah. yaitu: Siswa sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru di kelas, terlihat bahwa lebih dari 11 siswa jarang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, Dari 20 orang murid hanya 30% dari jumlah keseluruhan murid yang dapat mengerjakan tugas atau latihan dengan benar dan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh guru , dan Hasil belajar murid di akhir semester hampir 55% dari jumlah murid mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 60 terutama pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 010 Langgini Kecamatan Bangkinang dengan penerapan Strategi Pembelajaran Advisory Group. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar sebelum dilakukan tindakan ke siklus I dan ke siklus II. Sebelum dilakukan tindakan hasil belajar siswa tergolong “Kurang” dengan persentase 45%, terjadi peningkatan pada siklus I dengan persentase 70% dengan kriteria ”Cukup”. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan persentase 100% dengan kategori “Baik Sekali”, hal ini membuktikan bahwa dengan strategi pembelajaran Advisory Group dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 010 Langgini Kecamatan Bangkinang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Nov 2016 09:40
Last Modified: 07 Nov 2016 09:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8872

Actions (login required)

View Item View Item