Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN I HERE BY RESOLVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH ALFITRAH TERPADU DESA BALUNG KECAMATAN XIII KOTO KAMPARKABUPATEN KAMPAR

Maslianti (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN I HERE BY RESOLVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH ALFITRAH TERPADU DESA BALUNG KECAMATAN XIII KOTO KAMPARKABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131170PGMI.pdf

Download (421kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mengikuti pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala yaitu 1 Dari 13 siswa hanya 6 orang siswa (46,15%) yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan disekolah yaitu 65, 2) Siswa sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru di kelas, terlihat bahwa 8 orang siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, 3) Tugas yang diberikan kepada siswa tidak dapat diselesaikan dengan baik dan benar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil belajar sebelum penerapan strategi pembelajaran I Here By Resolve, hasil belajar siswa diperoleh persentase 46,15%. Kemudian berdasarkan hasil belajar pada siklus pertama yang menunjukkan bahwa tingkat hasil belajar siswa mencapai dengan persentase 69,23%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa diperoleh angka 100%. Berdasarkan peningkatan hasil belajar yang diperoleh bahwa melalui strategi pembelajaran I Here By Resolve dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas Madrasah Ibtidaiyah Al Fitrah Terpadu Desa Balung Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar ”diterima”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Nov 2016 09:39
Last Modified: 07 Nov 2016 09:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8871

Actions (login required)

View Item View Item