UPAYA KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH

MUhammad Zen, (2011) UPAYA KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011281.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah”. Penelitian ini dilatar belakangi tentang banyaknya permasalahan keluarga yang di hadapi oleh masyarakat sehigga tujuan berkeluarga yaitu mendambakan keluarga yang sakinah mawaddah warahmah sulit dicapai, serta ingin melihat bagaimana upaya KUA dalam melaksanakan keputusan menteri agama tentang gerakan keluarga sakinah. Adapun permasahan yang penulis rumuskan dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya yang di lakukan oleh Kantor Urusan Agama dalam pelaksanaan membina keluarga saakinah, Bagaimana pelaksanaan konseling keluarga di KUA Kecamatan Kampar Timur, Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap pelaksanaan pembinaan keluarga sakinah di KUA Kecamatan Kampar Timur Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui upaya KUA Kec. Kampar Timur dalam pembinaan keluarga sakinah, Mengetahui pelaksanaan konseling keluarga di KUA Kecamatan Kampar Timur, Mengetahui bagaimana tinjauan hukum islam terhadap pelaksanaa pembinaan Keluarga Sakinah. Skripsi ini adalah penelitian lapangan, lokasi penelitian ini berada di KUA Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar, populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai di lingkungan KUA Kecamatan Kampar Timur sebanyak 7 Orang dan 90 keluarga yang ada di Kecamatan Kampar Timur Sumber data yang yang penulis gunakan adalah sumber data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data obserpas, wawancara dan angket, setelah data tersebut terkumpul penulis melakukan analisis data dengan menggunakan analisis deduktif . Setelah dilakukan penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa upaya yang dilakukan oleh KUA dalam mewujudkan keluarga sakinah di Kecamatan Kampar Timur sudah berjalan dengan baik dan ditinjau dari hukum islam sudah sesuai dengan sari’at islam, Sehubungan dengan hasil penelitian bahwa upaya yang dilakukan oleh KUA dalam mewujudkan keluarga sakinah sudah berjalan dengan baik hanya ada beberapa hal yang perlu dibenahi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:41
Last Modified: 14 Jan 2016 03:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/887

Actions (login required)

View Item View Item