ALMI DEVI SELLA, - (2025) PENGARUH KOMUNIKASI NONVERBAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA MUHAMMADIYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (BAB GABUNGAN)
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV) - Almi Devi Sella.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (BAB HASIL)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV) - Almi Devi Sella.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (805kB) |
||
|
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
PUBLIKASI - Almi Devi Sella.pdf - Published Version Download (114kB) | Preview |
Abstract
ALMI DEVI SELLA(2025) : PENGARUH KOMUNIKASI NONVERBAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA MUHAMMADIYAH PEKANBARU,,,Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi nonverbal guru terhadap motivasi siswa pada mata pelajaran ekonomi di MA Muhammadiyah Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif. Subjek adalah siswa dengan objek yaitu pengaruh komunikasi nonverbal guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPS, XI IPS, dan XII IPS MA Muhammadiyah Pekanbaru dengan sampel seluruh siswa kelas IPS di MA Muhammadiyah Pekanbaru. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t test. Hasil analisis diperoleh bahwa komunikasi nonverbal guru memiliki persentase hasil angket sebesar 75,48% yang dikategorikan baik karena pada interval 61%-80% dan tingkat motivasi belajar siswa memiliki presentase hasil angket sebesar 82,60% yang dikategorikan baik karena berada pada ointerval 61%-80%. Sedangkan hasil uji signifikansi menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di MA Muhammadiyah Pekanbaru yang terbukti dari nilai thitung > ttabel yaitu 7,073 > 2,002 dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Dari hasil pengujian, diperoleh nilai t hitung sebesar 7,073 yang lebih besar dari t tabel 2,002, serta nilai signifikasi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi nonverbal guru terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi di MA Muhammadiyan Pekanbaru. Kata Kunci: Komunikasi Nonverbal Guru, Motivasi Belajar Siswa.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi | ||||||||
| Depositing User: | Ari Eka Wahyudi | ||||||||
| Date Deposited: | 20 Jun 2025 00:57 | ||||||||
| Last Modified: | 20 Jun 2025 00:57 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/88689 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
