Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA

DINDA HANDAYANI, - (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
SKRIPSI DINDA HANDAYANI (Tanpa BAB IV) - Dinda handayani.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
SKRIPSI DINDA HANDAYANI (BAB IV) - Dinda handayani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
surat pernyataan persetujuan publikasi (1) - Dinda handayani.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari dari kemampuan komunikasi masih rendah di Indonesia secara umum berdasarkan penelitian-penelitian terdahulu. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat ada tidaknya perbedaan reciprocal teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self efficacy. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu factorial experiment. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling, dengan populasi kelas X SMA Negeri 1 Kampar Timur dan sampel terpilih kelas X.5 sebagai kelas eksperimen dan X.6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes, angket, observasi dan dokumentasi dengan instrument pengumpulan data berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis, angket self efficacy, lembar observasi dan foto dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa : 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran reciprocal teaching dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional, dimana rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang dan rendah. Dimana, rata-rata kemampuan komunikasi yang memiliki self efficacy tinggi lebih baik dari pada self efficacy sedang dan rendah. 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran reciprocal teaching dengan self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Dengan demikikan secara umum dapat disimpulkan bahwa pembelajaran reciprocal teaching berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self efficacy siswa SMA Negeri 1 Kampar Timur, dan dapat menjadi alternatif solusi untuk meningkat kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRamon Muhandaz, -2004068901ramon.muhan@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 19 Jun 2025 02:07
Last Modified: 19 Jun 2025 02:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/88675

Actions (login required)

View Item View Item