NURUL HASANAH (2025) ANALISIS PENGARUH CITA RASA, BRANDING KEMASAN DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELI PADA (PT. ROTTE RAGAM RASA) CABANG GARUDA SAKTI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB HASIL - Nurul hasanah.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB HASIL - Nurul hasanah.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 2025. Download (3MB) |
||
|
Text
SURAT PERNYATAAN - Nurul hasanah.pdf - Published Version Download (312kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nurul Hasanah, (2025): Analisis Pengaruh Cita Rasa, Branding Kemasan dan Variasi Produk terhadap Keputusan Pembeli Pada (Pt. Rotte Ragam Rasa) Cabang Garuda Sakti Dalam Perspektif Ekonomi Syariah Penelitian ini di latar belakangi oleh persaingan yang semakin ketat dalam industri makanan dan minuman menuntut perusahaan untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas produk dan strategi pemasarannya. PT. Rotte Ragam Rasa Cabang Garuda Sakti merupakan salah satu pelaku usaha kuliner di Pekanbaru yang menghadapi tantangan tersebut. Meskipun telah melakukan pengembangan pada aspek cita rasa, kemasan, dan variasi produk, perusahaan masih mengalami fluktuasi penjualan, sehingga penting untuk mengkaji sejauh mana pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap keputusan pembelian konsumen, khususnya dalam perspektif ekonomi syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh cita rasa, branding kemasan, dan variasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen, baik secara parsial maupun simultan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat bagaimana ketiga variabel tersebut ditinjau dari perspektif ekonomi syariah yang menekankan pada prinsip halal, toyyibah, serta bisnis dalam keputusan pembelian Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal dan teknik analisis regresi linier berganda. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 96 responden yang merupakan konsumen PT. Rotte Ragam Rasa Cabang Garuda Sakti, dengan teknik purposive sampling. Sebelum dilakukan analisis, data diuji menggunakan uji validitas, reliabilitas, serta uji asumsi klasik untuk memastikan kelayakan model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, hanya variabel cita rasa dan variasi produk yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara branding kemasan tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Namun, secara simultan, ketiga variabel tersebut cita rasa, branding kemasan, dan variasi produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Konsumen mempertimbangkan nilai-nilai islam seperti kehalalan bahan, etika produksi yang semuanya sesuai dengan ajaran syariah. Dengan demikian, keputusan pembelian di Rotte Bakery tidak hanya dipengaruhi oleh aspek rasa dan variasi produk, tetapi juga oleh keyakinan bahwa produk tersebut memenuhi standar konsumsi dalam Islam. Kata kunci: Cita Rasa, Branding Kemasan, Variasi Produk, Keputusan Pembelian, Ekonomi Syariah
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 297 Islam > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah | ||||||||
| Depositing User: | Mr. Supliadi | ||||||||
| Date Deposited: | 19 Jun 2025 02:02 | ||||||||
| Last Modified: | 19 Jun 2025 02:02 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/88673 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
