MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE RESEP AJAIB SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 179 PEKANBARU

Nova Sari Dewi, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE RESEP AJAIB SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 179 PEKANBARU. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131101PGMI.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 179 Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode resep ajaib yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 179 Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode resep ajaib yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 179 Pekanbaru. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode resep ajaib untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilalui beberapa tahap, yaitu: 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini ada dua, yaitu lembar pengamatan yang digunakan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa, dan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan mencari rata-rata persentase dan mengelompokkan data berdasarkan kategorinya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada sebelum tindakan siswa yang tuntas sebanyak 8 orang siswa dengan ketuntasan 44,44%, pada siklus I meningkat menjadi 12 orang siswa dengan ketuntasan 66,67%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata ketuntasan siwa mencapai 16 orang siswa dengan persentase 88,89%. Artinya hasil belajar siswa telah 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan metode resep ajaib dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 179 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Nov 2016 09:33
Last Modified: 07 Nov 2016 09:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8867

Actions (login required)

View Item View Item