INDRI CAHYANTI PUTAMI. S.J, - (2025) PENGARUH KEPEMIMPINAN EFEKTIF DAN PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI SE KECAMATAN SIAK HULU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (BAB GABUNGAN)
TANPA BAB IV - indri cahyanti.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (BAB HASIL)
PEMBAHASAN - indri cahyanti.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (642kB) |
||
|
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
indri - indri cahyanti.pdf - Published Version Download (187kB) | Preview |
Abstract
Kinerja guru dipengaruhi oleh dua faktor, baik individu maupun organisasi. Dalam penelitian faktor yang mempengaruhi adalah kepemimpinan efektif dan pelaksanaan supervisi kepala sekolah. Penelitian ini memiliki dua variabel independen diantaranya kepemimpinan efektif dan supervisi kepala sekolah sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kinerja guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh kepemimpinan efektif dan pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru. Seluruh guru yang mengajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri se Kecamatan Siak Hulu dijadikan unit penelitian sebanyak 50 orang. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini meliputi kepemimpinan efektif, pelaksanaan supervisi kepala sekolah dan kinerja guru. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner. Metode analisis data menggunakan uji prasyarat analisis, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, uji koefisien korelasi, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap data yang dikumpulkan melalui penelitian kemudian dikonsultasikan dengan kriteria yang telah ditetapkan, dapat disimpulkan. Pertama, Berdasarkan uji hipotesis 1, diperoleh nilai t hitung > t table (9,014 > 1,678) Ha diterima, kontribusi kepemimpinan efektif (X1) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 69%. Kedua, Berdasarkan hasil uji hipotesis 2, diperoleh nilai t hitung > t table (8,075 > 1,678) Ha diterima, kontribusi supervisi kepala sekolah (X2) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 64,5%. Ketiga, Berdasarkan hasil uji hipotesis 3, diperoleh nilai f hitung > f table (243,239 > 3,20) Ha diterima. Berdasarkan perhitungan dan analisis uji srimultan menunjukkan bahwa pengaruh kepemimpinan efektif dan pelaksanaan supervisi kepala sekolah berpengaruh positif terhadap motivasi kerja, sebesar 94%
| Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
| Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
| Depositing User: | Mr Eko Syahputra | ||||||||||||
| Date Deposited: | 18 Jun 2025 03:41 | ||||||||||||
| Last Modified: | 18 Jun 2025 03:41 | ||||||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/88651 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
