PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI STRATEGI KISI-KISI PRO DAN KONTRA SISWA KELAS IV SDN 005 RAWANGKAO KECAMATAN LUBUK DALAM KABUPATEN SIAK

Nursamsiyah`, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI STRATEGI KISI-KISI PRO DAN KONTRA SISWA KELAS IV SDN 005 RAWANGKAO KECAMATAN LUBUK DALAM KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131088PGMI.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitan ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Strategi Kisi-Kisi Pro dan Kontra siswa kelas IV SDN 005 Rawang Kao, Kecamatan Lubuk Dalam, Kabupaten Siak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari 2 (dua) kali pertemuan, penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai IPS siswa kelas IV SDN 005 Rawang Kao kabupaten Siak. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 005 Rawangkao Kecamatan Lubuk Dalam Kabupaten Siak. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerepan strategi pembelajaran aktif kisi-kisi pro dan kontra untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan seperti disampaikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Kisi-Kisi Pro dan Kontra dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Koperasi dan Kesejahteraan Rakyat Budaya di kelas IV SDN 005 Rawang Kao Kecamatan Lubuk Dalam, Kabupaten Siak, lebih jelasnya sebagai berikut: Hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan rata-rata sebesar 59,57 dengan kategori kurang, kemudian pada siklus I mendapatkan rata-rata 68,58 dengan ketuntasan sebesar 65% dengan kategori cukup dan pada siklus II mendapatkan rata-rata kelas 73,06 dengan ketegori baik atau dengan ketuntasan sebesar 89%. Kata kunci: Hasil Belajar, Strategi Kisi-Kisi Pro dan Kontra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Nov 2016 09:29
Last Modified: 07 Nov 2016 09:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8864

Actions (login required)

View Item View Item