PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN PASANGAN YANG SESUAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 003 MUARA UWAI KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

Umi Kalsum, (2013) PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN PASANGAN YANG SESUAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 003 MUARA UWAI KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131083PGMI.pdf

Download (383kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 003 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Gejala-gejala atau fenomena yang ditemui adalah sebagai berikut: 1) dari 18 siswa hanya 9 orang (50,00 %) siswa yang hasil belajarnya telah mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan, yaitu 65, 2) ketika dilakukan ulangan hanya 9 orang (50%) yang dapat menjawab soal dengan benar, dan 3) siswa yang remedial setelah ujian mencapai 50% dari jumlah siswa 18 orang siswa. Salah satu usaha yang dapat dilakukan guru adalah dengan penerapan Teknik Permainan Pasangan yang Sesuai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Teknik Permainan Pasangan yang Sesuai yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 003 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan Teknik Permainan Pasangan yang Sesuai yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 003 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang yang terbagi atas 8 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan Teknik Permainan Pasangan yang Sesuai untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilalui beberapa tahap, yaitu: 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh melalui hasil pengamatan aktivitas guru dan hasil pengamatan aktivitas siswa, dan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa teknik observasi dan teknik tes. Sedangkan data dianalisis dengan rumus persentase, yaitu : P 100% N F  x . Kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas IV lebih meningkat setelah diterapkan Teknik Permainan Pasangan yang Sesuai dibandingkan sebelum penerapan. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 50,00% atau 9 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 11 orang atau ketuntasan hanya mencapai 61,11%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 16 orang siswa atau dengan persentase 88,89%. Ini berarti telah mencapai 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Nov 2016 09:27
Last Modified: 07 Nov 2016 09:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8863

Actions (login required)

View Item View Item