Dony Saputra (2013) PENERAPAN STRATEGI MEMO ANALISIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 017 PANDAU JAYA KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_20131074PGMI.pdf Download (422kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala dalam proses belajar mengajar yang menunjukkan hasil belajar siswa belum optimal, sehingga nilai yang diperoleh siswa dibawah KKM yang sudah ditetapkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SDN 017 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada materi organ pernapasan hewan di bidang studi IPA. Hasil belajar siswa pada data awal diperoleh persentase rata-rata 59% dengan kategori cukup tinggi. Kemudian berdasarkam hasil tes pada siklus pertama yang menunjukkan bahwa tingkat hasil belajar siswa mencapai dengan persentase 65% dengan kategori tinggi. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa diperoleh angka 77% dengan kategori tinggi. Hal ini membuktikan bahwa melalui strategi memo analisis dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 07 Nov 2016 09:25 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 09:25 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8862 |
Actions (login required)
View Item |