MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI TUMBUHAN HIJAU MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COLOR-CODED CO-OP DI KELAS V SDN 94 PEKANBARU

Sri Wahyuni, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI TUMBUHAN HIJAU MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COLOR-CODED CO-OP DI KELAS V SDN 94 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013477PGMI.pdf

Download (508kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 94 Pekanbaru. Gejala yang terlihat ketuntasan belajar siswa masih mencapai rata-rata 47,06 dari jumlah siswa sebanyak 34 orang, artinya hasil belajar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 68. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Color-Coded Co-Op dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada materi tumbuhan hijau siswa kelas V SDN 94 Pekanbaru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Color-Coded Co-Op dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi tumbuhan hijau di kelas V SDN 94 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang, yang terdiri dari 19 orang lakilaki dan 15 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Color-Coded Co-Op untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi, dan tes. Untuk menganalisis data menggunakan rumus: P 100% N F  x . Pembelajaran kooperatif tipe Color-Coded Co-Op dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi tumbuhan hijau siswa kelas V SDN 94 Pekanbaru. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I hanya mencapai 67,65% atau sekitar 23 orang yang tuntas. Siklus II meningkat menjadi 27 orang (79,41%) siswa yang tuntas. Sedangkan 7 orang siswa (20,59%) belum tuntas, artinya hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan sebesar 75%, adapun Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan dalam penelitian ini adalah 68.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 14:28
Last Modified: 06 Nov 2016 14:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8861

Actions (login required)

View Item View Item