PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PERTANYAAN YANG DITANAM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 017 TANJUNG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR

Wirman Saputra, (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PERTANYAAN YANG DITANAM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 017 TANJUNG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131070PGMI.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V, hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala dalam proses belajar mengajar yang menunjukkan Sebagian besar siswa masih terlihat diam dan masih enggan menanggapi pertanyaan ketika guru memberikan pertanyaan khususnya secara lisan, siswa masih kurang percaya diri, sehingga masih sedikit yang mau bertanya atau mengajukan pendapatnya, dan sebagian siswa kurang bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru sehingga nilai yang diperoleh siswa dibawah KKM yang sudah ditetapkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Cahaya dan Sifat-sifatnya Kelas V SDN 017 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA dalam materi cahaya dan sifat-sifatnya. Pada siklus I terjadi peningkatan keaktifan siswa, pada data awal memperoleh nilai rata-rata 40.0% siklus I pertemuan pertama keaktifan belajar siswa tergolong rendah dengan rata-rata 47.0% dan pada pertemuan kedua keaktifan siswa tergolong sedang dengan rata-rata 55.5%. Sedangkan keaktifan siswa pada siklus II pertemuan pertama terjadi peningkatan dengan rata-rata 67.5% dengan kategori tinggi dan pada pertemuan kedua memperoleh angka rata-rata persentase 81.0% dengan kategori sangat tinggi, dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif pertanyaan yang ditanam dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V SDN 017 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Pertanyaan yang ditanamkan, Keaktifan belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 14:28
Last Modified: 06 Nov 2016 14:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8860

Actions (login required)

View Item View Item