Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMPETENSI GURU DALAM MENDESAIN DAN MENGIMPLEMENTASIKAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN DI MAN 1 PLUS KETERAMPILAN BENGKALIS

SITI BARIKA MUJTAHIDAH, - (2025) KOMPETENSI GURU DALAM MENDESAIN DAN MENGIMPLEMENTASIKAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN DI MAN 1 PLUS KETERAMPILAN BENGKALIS. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
bab1,2,3 dan 5 tesis - Barika Barika.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
bab IV Hasill barika - Barika Barika.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
surat pernyataan - Barika Barika.pdf - Published Version

Download (676kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Siti Barika Mujtahidah (2025): “Kompetensi Guru Dalam Mendesai dan Mengimplementasikan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (PPRA) Di MAN 1 Plus Keterampilan Bengkalis”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi guru dalam mendesain dan mengimplementasikan P5 dan PPRA di MAN 1 Plus Keterampilan Bengkalis. Fokus penelitian ini meliputi tiga rumusan masalah, yaitu: (1) Kompetensi guru dalam mendesain proyek P5 dan PPRA, (2) Kompetensi guru dalam mengimplementasikan proyek P5 dan PPRA, (3) faktor pendukung dan penghambat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan kompetensi guru dalam mendesain projek P5 dan PPRA bahwa guru telah mampu menyusun modul ajar yang sistematis, kontekstual, dan mengikuti prinsip pembelajaran berbasis projek. Namun demikian, beberapa kekurangan juga ditemukan, di antaranya: belum tersusunnya rubrik penilaian yang rinci, ketiadaan instrumen asesmen tertulis yang mendukung penilaian diagnostik, formatif dan sumatif, tidak adanya strategi pembelajaran berdiferensiasi, serta pengulangan informasi antara profil dan deskripsi proyek yang perlu ditata ulang secara editorial. Dalam implementasi proyek masih terdapat keberagaman guru pada setiap pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek. Faktor pendukung meliputi dukungan dari Madrasah, fasilitas yang memadai, kolaborasi antar guru, dan antusiasme peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu, belum meratanya pemahaman dan kesiapan guru, tumpang tindih antara pelaksanaan proyek dengan tugas administrasi, dan perbedaan karakteristik peserta didik. Secara keseluruhan, pelaksanaan proyek P5 dan PPRA di MAN 1 Plus Keterampilan Bengkalis menunjukkan perkembangan positif dan berpotensi menjadi pendekatan strategis dalam pembentukan karakter peserta didik yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila dan Islam rahmatan lil alamin. Kata Kunci: Kompetensi guru, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (PPRA)

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAlwizar, -2022047001alwizar@uin-suska.ac.id
Thesis advisorSri Murhayati, -2003017401srimurhayati@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Eko Syahputra
Date Deposited: 16 Jun 2025 07:40
Last Modified: 16 Jun 2025 07:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/88591

Actions (login required)

View Item View Item