PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTIONS STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SD 001 SENAMA NENEK

Isumitri, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTIONS STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SD 001 SENAMA NENEK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131061PGMI.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mengikuti pelajaran Ilmu Pendidikan Agama Islam, hal ini dapat dilihat dari gejalagejala dalam proses belajar mengajar yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, sehingga nilai yang diperoleh siswa dibawah KKM yang sudah ditetapkan sekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Questions Students Have dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 001 Senama Nenek. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar sebelum dilakukan tindakan ke siklus I dan ke siklus II. Sebelum dilakukan tindakan hasil belajar siswa tergolong kurang baik dengan persentase 43,8%, terjadi peningkatan pada siklus I dengan persentase 68,8%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan persentase 87,50% dengan kategori baik, hal ini membuktikan bahwa dengan strategi pembelajaran Questions Students Have dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V SD 001 Senama Nenek Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Questions Students Have, Hasil Belajar, Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 14:26
Last Modified: 06 Nov 2016 14:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8858

Actions (login required)

View Item View Item