Amni Fadillah (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE STRUKTUR ANALISIS SINTESIS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I MADRASAH IBTIDAYAH NEGERI PULAU KIJANG KECAMATAN RETEH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013475PGMI.pdf Download (557kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode SAS dalam peningkatkan kempuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Pulau Kijang Kecamatan Reteh. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu kemampuan membaca permulaan variabel X, dan penggunaan metode SAS variabel Y yang merupakan objek penelitian. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Juli 2011 - Januari 2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini didasari pada kemampuan membaca siswa yang masih rendah. Hal ini terlihat dari gejala-gejala seperti saat pembelajaran berlangsung, hanya sebagian kecil dari seluruh siswa yang bisa membaca permulaan. Kurangnya kemampuan siswa dalam menvokalisasikan huruf. Hal ini, ditunjukkan oleh sedikitnya siswa tidak bisa melafalkan kata dasar dan membaca kalimat sederhana. Kebanyakan siswa yang dapat mengenal huruf masih lambat merangkaikannya. Metode yang diterapkan oleh guru tidak bervariasi. Dari hasil penelitian siklus pertama dan kedua menunjukkan bahwa tingkat kemampuan membaca permulaan belum mencapai keberhasilan, hal ini disebabkan pelaksanaan metode struktur analisis sintesis belum terlaksana dengan baik, sedangkan pada siklus ke tiga tingkat kemampuan membaca permulaan sudah tercapai dengan baik. Perbandingan antara siklus I, siklus II, dan siklus III dapat dilihat dari diagram ketuntasan kemampuan membaca permulaan melalui metode SAS diketahui terjadinya peningkatan terhadap kemampuan membaca siswa mulai dari sebelum tindajkan, siklus I, siklus II, dan siklus III. Sebelum tindakan rata-rata siswa 44,11%. Pada siklus I adalah 54,87%, pada siklus II meningkat menjadi 64,70%. Sedangkan pada siklus III rata-rata siswa semakin meningkat menjadi 70,58%. Dari hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode struktur analisis sintesis (SAS) dikatakan berhasil.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 06 Nov 2016 14:25 |
Last Modified: | 06 Nov 2016 14:25 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8857 |
Actions (login required)
View Item |