PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI ORGANISASI MELALUI STRATEGI DISKOVERI TERPIMPIN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 014 SUNGAI PUTIH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Zainuddin, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI ORGANISASI MELALUI STRATEGI DISKOVERI TERPIMPIN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 014 SUNGAI PUTIH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131060PGMI.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2013_20131060PGMI.pdf

Download (449kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada materi orgnisasi melalui strategi Diskoveri Terpimpin siswa kelas V SD Negeri 014 Sungai Putih Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 014 Sungai Putih Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar dengan jumlah siswa berjumlah 30 orang. Adapun objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan penerapan strategi Diskoveri Terpimpin. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data tersebut penulis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas diperoleh hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan nilai rata-rata sebesar 69,17 dengan ketuntasan klasikal 40% pada kategori kurang baik, kemudian pada hasil tes evaluasi pertama pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 72 dengan ketuntasan klasikal 56,67% yang terletak pada kategori sedang dan pada tes evaluasi kedua siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,5 dengan ketuntasan klasikal 63,33% yang terletak pada kategori sedang. Sedangkan pada hasil tes evaluasi ketiga pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,17 dengan ketuntasan klasikal mencapai 66,67% yang tergolong kedalam kategori sedang dan hasil tes evaluasi keempat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,5 dengan ketuntasan klasikal mencapai 93.33% yang tergolong kedalam kategori sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan hingga tindakan siklus II. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Diskoveri Terpimpin dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Putih Kecamatan Tapung Kabupaten tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 14:25
Last Modified: 06 Nov 2016 14:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8856

Actions (login required)

View Item View Item