Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KUNJUNGAN LAPANGAN (FIELD-VISIT TECHNIQUE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 154 KOTA PEKANBARU

Neri Melinda (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KUNJUNGAN LAPANGAN (FIELD-VISIT TECHNIQUE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 154 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013468PGMI.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

Sesuai dengan rumusan masalah dalam penelitian ini, maka tujuan peneliti mengadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penerapan pembelajaran kooperatif teknik kunjungan lapangan (field-visit technique) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains di kelas VB Sekolah Dasar Negeri 154 Kota Pekanbaru. Berdasarkan dari latar belakang masalah yang ada bahwa 55% siswa masih mendapatkan nilai di bawah rata-rata Keriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 70. Agar penelitian tindakan ini berhasil dengan baik, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: perencanaan/ persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Prosedur penelitian ini terdapat beberapa tindakan yaitu sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Sesudah tindakan terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Berhasilnya penerapan pembelajaran kooperatif teknik kunjungan lapangan (field-visit technique) dapat diketahui dari adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada sebelum diadakan tindakan hasil belajar siswa mencapai 64,25 dengan nilai ketuntasan klasikal yaitu 45%. Pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 71 dengan nilai ketuntasan klasikal yaitu 70%. Pada siklus II hasil belajar siswa cukup memuaskan yaitu telah mencapai 76 dengan nilai ketuntasan klasikal yaitu 90%, keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran sains dengan pembelajaran kooperatif teknik kunjungan lapangan (field-visit technique) dapat dikatakan berhasil

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 14:23
Last Modified: 06 Nov 2016 14:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8855

Actions (login required)

View Item View Item