MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MATERI SETIA KAWAN DAN KERJA KERAS MELALUI STRATEGI KALAHKAN GURUNYA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 014 TERANTANG KECAMATANTAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Erni Tati, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MATERI SETIA KAWAN DAN KERJA KERAS MELALUI STRATEGI KALAHKAN GURUNYA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 014 TERANTANG KECAMATANTAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131059PGMI.pdf

Download (399kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mengikuti pelajaran Ilmu Pendidikan Agama Islam, hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala dalam proses belajar mengajar yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, sehingga nilai yang diperoleh siswa dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal yang sudah ditetapkan sekolah yaiut 65. Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui penerapan strategi Kalahkan Gurunya dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi Setia Kawan dan Kerja Kerasdi Sekolah Dasar Negeri 014 Terantang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pada data awal diperoleh ketuntasan klasikal 43,3% dengan nilai rata-rata siswa 61,8. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat diperoleh ketuntasan klasikal 60% dengan nilai rata-rata siswa 67,3. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata siswa menjadi 77,3 dengan ketuntasan klasikal 93,3%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Strategi Kalahkan Gurunya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas Sekolah Dasar Negeri 014 Terantang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar ”diterima”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 14:23
Last Modified: 06 Nov 2016 14:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8854

Actions (login required)

View Item View Item