PENERAPAN STRATEGI PAPAN MEMORI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN KABUPATEN KOTA DAN PROVINSI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 015 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Mahmudin, (2013) PENERAPAN STRATEGI PAPAN MEMORI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN KABUPATEN KOTA DAN PROVINSI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 015 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131048PGMI.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2013_20131048PGMI.pdf

Download (556kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada materi Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 015 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, hal ini terlihat dari nilai yang diperoleh siswa tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dari 20 siswa hampir 60% siswa atau 12 siswa belum mendapatkan ketuntasan dalam belajar. Nilai KKM yang ditetapkan sekolah yakni 65. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam II siklus. Siklus I dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 015 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar dengan siswa sebanyak 20 orang siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi papan memori. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis tindakan di peroleh kesimpulan bahwa penerapan Strategi Papan Memori yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar yang baik, hal ini dapat dilihat dari analisis ketuntasan belajar siswa kelas IV sesudah tindakan, yang mana terjadi peningkatan yang signifikan. Sebelum tindakan mean hasil belajar siswa masih rendah yaitu 59,75 dan yang tuntas hanya 8 orang (40%), kemudian setelah diadakan tindakan siklus I ternyata terjadi peningkatan mean hasil belajar siswa yaitu 64,75 yang tuntas hanya 13 orang (65%), dan pada siklus II mean hasil belajar siswa juga terjadi peningkatan yaitu 72 dan yang tuntas mencapai 17 orang (85%). artinya secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada materi Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 015 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar terjadi peningkatan yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 14:22
Last Modified: 06 Nov 2016 14:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8853

Actions (login required)

View Item View Item