Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASEDLEARNINGTERHADAP KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 10 PEKANBARU

ADILA RAHMA, 12110122063 (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASEDLEARNINGTERHADAP KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 10 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB HASIL - ADILA RAHMA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB HASIL - ADILA RAHMA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 2025.

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI - ADILA RAHMA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Adila Rahma, (2025): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Kerja Sama Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menegah Atas Negeri 10 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan kerja sama siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian berjumlah 431 siswa, dengan sampel sebanyak 74 siswa yang terbagi ke dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen berjumlah 37 siswa dan kelas kontrol berjumlah 37 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan Uji-T (Independent-Samples T Tes). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung (3,438) > ttabel (1,993) pada taraf signifikansi 5%, dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 74,03 lebih besar dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol 68,30. Berdasarkan hasil tersebut, maka Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti terdapat perbedaan kemampuan kerja sama siswa antara model pembelajaran project based learning dengan metode diskusi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 10 Pekanbaru. Kata Kunci: Project Based Learning, Kemampuan Kerja Sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIDRIS, -2004057601idrisharun@uin-suska.ac.id
Subjects: 297 Islam > 290 Agama Selain Kristen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supliadi
Date Deposited: 13 Jun 2025 02:40
Last Modified: 13 Jun 2025 02:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/88525

Actions (login required)

View Item View Item