PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL JARING LABA- LABA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 011 KOTO TUO

Seri Hartati, (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL JARING LABA- LABA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 011 KOTO TUO. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013465PGMI.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IIIA Sekolah Dasar Negeri 011 Koto Tuo. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana penerapan pembelajaran tematik model jaring laba-laba dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 011 koto Tuo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran tematik model jaring laba-laba dalam meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IIIA Sekolah Dasar Negeri 011 Koto Tuo. Penelitian ini dilaksanakan pada awal semester genap tahun ajaran 2012/2013 di Sekolah Dasar Negeri 011 Koto Tuo Kecamatan XIII Koto Kampar dengan subjek penelitian siswa kelas IIIA yang berjumlah sebanyak 27 orang siswa. Adapun objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui pembelajaran tematik model jaring laba-laba. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data tersebut penulis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas sebelum tindakan diperoleh persentase ketuntasan 44.44% dengan rata-rata hasil belajar siswa mencapai 61.31, sedangkan hasil belajar siswa pada Tes Pertama (siklus 1) terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan naik menjadi 70.37% lebih tinggi daripada sebelum tindakan dengan rata-rata 65.43. Dan pada Tes kedua (siklus 2) juga terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari hasil belajar sebelumnya dengan persentase ketuntasan mencapai 85.19% dengan ratarata perolehan skor hasil belajar mencapai 68.15. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran tematik model jaring laba-laba dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IIIA Sekolah Dasar Negeri 011 Koto Tuo Kecamatan XIII Koto Kampar tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 14:22
Last Modified: 06 Nov 2016 14:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8852

Actions (login required)

View Item View Item