MEMBERIKAN BAGIAN LEBIH KEPADA TUKANG JAGAL PADA PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Kelurahan Sail Keca matan Tenayan Raya)

Mauliddin, (2011) MEMBERIKAN BAGIAN LEBIH KEPADA TUKANG JAGAL PADA PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Kelurahan Sail Keca matan Tenayan Raya). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011280.pdf

Download (671kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Memberikan bagian lebih kepada tukang jagal pada penyembelihan hewan qurban ditinjau menurut Hukum Islam”. Penyembelihan hewan qurban merupakan ibadah dihari idul adha sehingga masyarakat kelurahan Sail menjadikannya sebuah tradisi. Permasalahan yang di angkat dalam penelitian ini yakni bagaimana pembagian hasil penyembelihan hewan qurban, bagaimana pemberian hak kepada tukang jagal pada penyembelihan hewan qurban di Kelurahan Sail Kecamatan Tenayan Raya bagaimana tinjauan hukum Islam tentang memberikan bagian lebih kepada tukang jagal pada penyembelihan hewan qurban di Kelurahan Sail Kecamatan Tenayan Raya Jenis penelitian ini adalah studi kasus yang terletak di kelurahan Sail Kecamatan Tenayan Raya metode Proposive sampling dikarenakan tidak ditemukan jawaban yang bervariasi dari jawaban yang penulis dapat dilapangan, tehnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan juga pengamatan berperan serta. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa di Kelurahan Sail dalam pemberian upah kepada tukang jagal adalah dengan memberikan bagian lebih dari hasil penyembelihan hewan qurban, dan juga uang, baju kepada tukang jagal. Sedangkan pemberian upah dalam penyembelihan qurban di dalam Hukum Islam tidaklah dibenarkan dengan hasil penyembelihan melainkan dengan upah yang dikeluarkan oleh shahibul qurban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:35
Last Modified: 14 Jan 2016 03:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/885

Actions (login required)

View Item View Item