Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PERAGA PERAN SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL IHSANIAH MUARA MUSU KECAMATAN RAMBAH HILIR KABUPATEN ROKAN HULU

Musni (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PERAGA PERAN SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL IHSANIAH MUARA MUSU KECAMATAN RAMBAH HILIR KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang peneliti lakukan di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Darul Ihsaniah Muara Musu Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu ditemukan gejala-gejala yaitu : 1) Strategi yang digunakan guru terkesan menoton dan kurang menarik karena gurunya menggunakan metode ceramah. 2) Nilai hasil belajar siswa kurang memuaskan. Yaitu dari 14 orang siswa (50%) Siswa belum mendapatkan nilai Sesuai Dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 65. 3) kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran SKI, terlihat dari hasil evaluasi yang dilakukan setelah proses pembelajaran berlangsung bahwa 50% siswa memiliki nilai tugas dibawah KKM yang telah ditetapkan yaitu 65. Berdasarkan dari gejala-gejala diatas dapat dianalisis bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI kurang optimal. Pada dasarnya banyak upaya yang bisa dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa diantaranya dengan menggunakan strategi pembelajran peraga peran. Strategi pembelajaran peraga peran merupakan suatu model pembelajaran yang bertujuan membantu siswa menemukan makna diri (jati diri) dalam dunia sosial dan memecahkan dilema dengan bantuan kelompok. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Darul Ihsaniah Muara Musu Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu sebanyak 14 orang siswa sedangkan objek penelitiannya yaitu penggunaan strategi pembelajaran peraga peran yang dilaksanakan berdarkan langkah-langkah pelaksanaanya. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Penerapan Strategi Pembelajaran Peraga Peran Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Darul Ihsaniah Muara Musu Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu. Alasannya sebagai berikut : 1. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 55% dengan kategori rendah meningkat pada pertemuan 2 menjadi 77% dengan kategori sedang dan siklus II pertemuan 1 sebesar 89% dengan kategori tinggi meningkat pada pertemuan 2 menjadi 100%. 2. Aktivitas siswa siklus 1 pertemuan 1 sebesar 60% dengan kategori sedang pada pertemuan 1 sebesar 76% dengan ketegori sangat tinggi. 3. Hasil belajar siswa sebelum diterapkan strategi pembelajaran peraga peran sebesar 52 dengan kategori kurang, pada siklus I sebesar 66 dengan kategori cukup, pada siklus II sebesar 75 dengan kategori Baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 14:19
Last Modified: 06 Nov 2016 14:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8849

Actions (login required)

View Item View Item