PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN DI INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 003 TUALANG KABUPATEN SIAK

Lindawati Mahyuddin, (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN DI INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 003 TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131033PGMI.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2013_20131033PGMI.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Kenampakan Alam dan Buatan di Indonesia kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Tualang Kabupaten Siak, dirumuskan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Kenampakan Alam dan Buatan di Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Tualang Kabupaten Siak? Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Berhasilnya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan hanya mencapai 12 orang (57,14) siswa yang tuntas, sedangkan 9 orang siswa (42,86%) belum tuntas. Sedangkan setelah tindakan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 15 orang (71,43%) siswa yang tuntas. Sedangkan 6 orang siswa (28,57%) belum tuntas. Pada siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 90,48% atau sekitar 19 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 14:17
Last Modified: 06 Nov 2016 14:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8847

Actions (login required)

View Item View Item