Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIK APA? LALU APA? SEKARANG APA? UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD ISLAM 020 KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU

Khairuddin (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIK APA? LALU APA? SEKARANG APA? UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD ISLAM 020 KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131032PGMI.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Islam 020 Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru melalui strategi pembelajaran aktif teknik apa? lalu apa? sekarang apa?, dalam pembelajaran IPS terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan hasil belajar siswa diantaranya: dari 30 orang siswa hanya 6 siswa atau sekitar 20% saja yang dapat menjawab pertanyaan guru dengan baik dan benar ketikag dilakuka pree test. Dari evaluasi yang dilakukan hanya 7 siswa atau 23% dari seluruh siswa yang berjumlah 30 orang mencapai nilai ketuntasan kriteria minimal (KKM) yang ditetapkan di sekolah yaitu 70. Sekitar 18 orang siswa atau 60% tidak bisa menyelesaikan soal tes yang dilakukan oleh guru tepat pada waktu yan telah ditentukan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian lebih terarah sesuai dengan perencanaan, maka penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, kemudian pelaksanaan tindakan, serta observasi dan refleksi tindakan. Adapun yang menjadi Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Islam 020 Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah penerapan strategi pembelajaran aktif teknik apa? lalu apa? sekarang apa? dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS. Berdasarkan hasil analisis seperti disampaikan pada bab IV, Sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata nilai siswa secara klasikal 58 berada pada interval 50- 59 dengan kategori kurang. Sedangkan setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan penerapan strategi pembelajaran aktif teknik apa? lalu apa? sekarang apa? pada siklus I, hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan ratarata 67 berada pada interval 60-69 dengan kategori cukup. Sedangkan tindakan pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 81 berada pada interval 80-100 dengan kategori sangat baik, dan telah sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian yaitu 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 14:16
Last Modified: 06 Nov 2016 14:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8845

Actions (login required)

View Item View Item